Selasa (24/09) lalu, Hari pertama dimana para Mahasiswa
Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya (UB) berumpul di depan Fakultas Ekonomi
dan Bisnis (FEB) UB, dan mulai menaiki bus yang telah mengantarkan para
mahasiswa (termasuk saya) ke Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Setelah sampai
di Jakarta pada pukul 05:00 pagi, kamipun beristiraht, mandi, makan, dan sholat
(ISHOMA) di Masjid Istiqlal Jakarta Pusat.
Setelah ISHOMA terlaksanakan kami melanjutkan perjalanan ke
Kementrian Informasi dan Komunikasi (KEMINFO), ditempat ini para mahasiswa
diberikan pembekalan berupa seminar oleh Akhmad Nizwar selaku Kepala Hubungan
Masyarakat. pembekalan yang diberikanpun berupa materi-materi seperti, Transformasi
Pasar, Global e-commerce, dan Shop online, dan disini juga kami diberikan
arahan untuk kerja/magang kelak di KEMINFO.
Perjalananpun dilanjutkan ketempat institusi/perusahaan
televisi ternama di Indonesia, yaitu TRANS TV disini kami di guide oleh salah
satu Crew yang ada di Trans TV tersebut, dimana kami semua diajak mengelilingi
studio-studio yang ada di trans tv, studio-studio itu antara lain, studio
berita, infotainment, produksi tv, rekaman/dubbing, dan studio terakhir yaitu
studio terbesar di Asia Tenggara, dimana studio ini sering dipake untuk
acara-acara komedi, seperti Yuk Kita Sahur (YKS) yang ditayangkan setiap
Ramadhan.
Kamis (26/09) lalu, perjalanan selanjutnya adalah ke salah
satu universitas swasta di Jakarta, yaitu London School of Public Relation
Jakarta (LSPR). Para mahasiswa juga diberikan pembekalan tentang
program-program yang ada di LSPR, program yang dikenalkan, yaitu Mass
Communication, Marketing, International Relations, Public Speaking, dan Public
Relations. Adapun segmen saling berbagi pengetahuan dan Informasi antara
mahasiswa UB dengan mahasiswa LSPR. Disini kamipun semakin termotivasi dan
berambisius untuk memilih Universitas yang baik untuk Gelar Master (S2) kelak.
Perjalanan ke -4 selanjutnya para mahasiswa tiba di PT.
DWISAPTA di Jakarta, disini kami mendapatkan pembekalan berupa bagaimana cara
mengatur strategi pemasaran, cara membuat iklan, dan lain lain yang berhubngan
dengan Komunikasi Pemasaran.
Bandung, Jumat (27/09) lalu perjalanan dilanjutkan ke
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran Bandung, hal yang kami lakukan
disini sama dengan hal yang ada di LSPR pada Kamis lalu, yaitu saling berbagi
pengetahuan tentang program-program, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan
himpunan mahasiswa.
Yogyakarta, Sabtu (28/09) lalu adalah hari terakhir
kegiatan Studi Eksekursi Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMANIKA) 2013
dimana waktunya para mahasiswa untuk bersukaria berbalanja oleh-oleh di
Malioboro Yogyakarta. setelah mendapatkan buah tangan (oleh-oleh) dari yogyakarta,
perjalananpun dilanjutkan menuju Malang pada pukul 01:00 Minggu (29/09).
Studi Eksekursi ini sangat bermanfaat sekali, karena dapat
membuka ambisius para mahasiswa untuk menemukan peminatannya di semester 5
kelak, peminatannyapun yaitu Komunikasi Massa, Public Relation, dan Manajemen
Komunikasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar