Efek Komunikasi Media Massa Dalam Bentuk Apapun
Tugas 7 PSIKOLOGI KOMUNIKASI
DILEAN DWI NOVARI MAHKS
125120207111021
Dari matakuliah Psikologi Komunikasi dengan materi Efek Komunikasi Massa yang saya pelajari pada tanggal (13-05-2013). saya akan menganalisis dan menyimpulkan suatu Iklan Kartu GSM yang ada di Indonesia.
Iklan ini mulai ditebar dimana-mana, baliho juga mulai “menggeliat”
dibeberapa sudut kota, utamanya kota Surabaya dan Bandung sebagai target
awal peluncuran AXIS. Minggu-minggu ini, iklan AXIS di Jakarta juga
sudah mulai bertebaran.
Motto yang dipromosikan oleh AXIS adalah “GSM yang Baik. Namun, sebaik apakah AXIS tersebut? Benarkan iklan yang ditampilkan dimana-mana itu juga tidak mengandung “tapi” ? Mari kita coba lihat lebih jauh, khususnya mengenai tarif bicara ke lain operator.
Keunggulan yang diangkat oleh AXIS adalah pemakaian GPRS yang gratis
sebesar 100 Mb dalam sebulan, pemakaian sms ke lain operator sebesar Rp.
60 per-sms dan biaya panggilan sebesar Rp. 600 per-menit ke lain
operator.
Setelah membuka website dari Axis yang dapat diakses melalui situs www.axisworld.co.id khususnya mengenai tarif, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
- Untuk panggilan ke operator lain, kembali AXIS membedakan antara lokal dan interlokal. Dimana tarif untuk interlokal sebesar Rp. 1.200 per-menit atau setara dengan Rp. 20 per-detik. Jadi, kembali para pelanggan harus berhati-hati dan bisa membedakan tujuan telepon yang dilakukan.
- Pembayaran tidak dilakukan per-detik, melainkan menggunakan pembulatan per-15 detik, jadi apabila kita melakukan panggilan selama 16 detik, maka harus membayar 30 detik. Kelihatannya sepele, namun apabila dilakukan berulang-ulang, maka kerugian pembayaran panggilan yang dialami akan cukup besar.
Kedua hal diatas harus diperhatikan baik-baik oleh pelanggan AXIS,
agar tidak terlena dengan segala kemudahan dan kemurahan dalam melakukan
panggilan ke lain operator. Kemudian, berapa sebenarnya tarif AXIS dalam melakukan panggilan ?
Saya tidak melakukan hitung-hitungan lagi seperti pada pembahasan
tarif sebelumnya, karena tarif AXIS relatif lebih mudah karena tidak ada
skema yang “aneh-aneh” dimana tarif berubah-ubah pada menit tertentu. Terlihat bahwa secara umum, tarif AXIS masih diatas dari beberapa
operator GSM lainnya, namun juga berada pada tarif yang “menengah”.
Kecuali pada tarif interlokal.
Coba lihat baik-baik, ada “kebetulan” yang cukup menarik. Terlihat
bahwa tarif lokal AXIS itu persis sama dengan 2 x tarif Mentari Sakti, sedangkan tarif Interlokal AXIS sama persis dengan tarif
mentari sakti.
Zona layanan AXIS pada webjuga
masih mencantumkan 2 kota, yaitu Bandung dan Surabaya. Khusus Surabaya,
rupanya layanan AXIS sudah merambat pada beberapa Kabupaten dan Kota.Nah, dari pemaparan di atas, apakah AXIS adalah GSM yang Baik ?Dengan tulisan ini, maka seluruh operator GSM, mudah-mudahan bermanfaat untuk
semua.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar